Dealer Suzuki PT.Nusantara Jaya Sentosa Bandung

Alamat: Jl. Cibeureum No. 48b Bandung. WhatsApp: 082295918184

Menu

Film Dikumenter Toedjoeh Kata

Sunday, September 24th 2017.

“Menagih Janji Tujuh Kata di Bandung”
.
Film dokumenter ‘Toedjoeh Kata’ kembali membuka tabir penghapusan “Ketuhanan dengan kewajiban menjalankan Syariat Islam bagi pemeluk-pemeluknya” pada sila pertama Pancasila.
.
Film ‘Toedjoeh Kata’ mengisahakan para pendiri bangsa bersepakat menjadikan Islam tertuang pada sila pertama Pancasila dalam Piagam Jakarta.
.
Ironisnya, tujuh kata dalam sila tersebut dihapus menjadi “Ketuhanan yang Maha Esa” atas desakan Ir. Sukarno dari kalangan Nasionalisme. Sukarno saat itu memanfaatkan Kasman Singodimedjo untuk membujuk Ki Bagus Hadikusumo, tokoh Muhammadiyah yang kukuh mempertahankan tujuh kata tersebut dalam sila pertama Pancasila.
.
Kasman mau menjadi perantara lantaran Sukarno menjanjikan kelak tujuh kata tersebut akan dikembalikan dalam sila pertama Pancasila jika kondisi negara telah aman. .
Akhirnya dengan kebesaran hati, Ki Bagus menerima penghapusan tujuh kata tersebut dengan ketentuan bahwa sila pertama Pancasila, “Ketuhanan yang Maha Esa” adalah konsep Tawhid.
.
Hal sama juga dikemukakan Perdana Menteri Indonesia pertama, Mohammad Natsir. Tokoh yang kemudian hari menjadi pendiri Dewan Dakwah Islamiyah Indonesia itu berpesan bahwa menyambut 17 Agustus 1945 umat Islam mengucapkan tahmid, 18 Agustus mengucapkan istighfar. Sehingga umat Islam tidak akan pernah lupa dengan penghapusan tujuh kata dan kembali berjuang mengembalikannya.
.
Adegan menyayat hati juga disuguhkan film ini. Kasman yang dimanfaatkan Sukarno untuk membujuk Ki Bagus menyesal dalam hidupnya. Ia tak menyangka janji Sukarno tak kunjung dipenuhi. Hingga 30 tahun hidupnya Kasman selalu meneteskan air mata tiap kali mengingat kesalahannya merelakan tujuh kata untuk dihapus.
.
Kisah yang membuat hati sesak bagi umat islam. Tujuh kata yang dihapus dan menjadi pembelajaran generasi hari ini, meneruskan semangat juang Ki Bagus Hadikusumo dan ulama indonesia. Dalam rangka itu, Masjid Salman ITB & Muhammadiyah Multimedia Kine Klub UMY menyelenggarakan nonton dan bedah Film
.
Toedjoeh Kata: Doku-Drama Piagam Jakarta,
bersama Bayu Seto (Sutradara)
.
Aula GSG YPM Masjid Salman ITB
Ahad, 24 September 2017
15:30 s/d 17:30 WIB
.
Gratis & Terbuka untuk Umum

Mobil Terbaru

Related Article Film Dikumenter Toedjoeh Kata

Monday 22 May 2017 | Artikel

Sebentar lagi kita akan menuju bulan puasa yang penuh dengan hikmah dan tentunya hari raya lebaran akan segera tiba. Wah..tentunya akan lebih bengasikan mudik bersama…

Monday 29 May 2017 | Artikel, Artikel Islam

Apa yang tersirat didalam banak anda ketika mendengat kata puasa? Lapar, haus, dahaga, lebaran, baju baru. Setiap orang mensikapi bulan ini mungkin berbeda beda. Ada…

Monday 22 May 2017 | Artikel, Coretanku

Saya Mulyadi Sales Dealer Resmi Mobil Suzuki Cabang Cibeureum Cimahi Bandung mengucapkan selamat menunaikan ibadah puasa 1438 H.  Semoga Puasa Kita dan amal ibadah lainnya…